4 Ajaran Sesat dalam Aliran Agama Kristen di Indonesia

Perbuatan sesat sebenarnya ada di setiap agama di dunia, termasuk Kristen. Sekte (sering disebut bid’ah atau bid’ah) dalam suatu agama telah ada sejak agama itu didirikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bid’ah atau bid’ah adalah “ajaran yang melanggar ajaran yang benar”, artinya mereka menyimpang dari ajaran resmi suatu agama. Sekte yang menyimpang dalam agama Kristen tentu telah muncul sejak agama Kristen dimulai, pada awal abad pertama Masehi. Seiring waktu, ajaran sesat ini menjadi lebih modern, telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, bahkan memiliki hierarki dan Alkitabnya sendiri, dan distribusinya didanai oleh hierarki pusatnya.

Seiring dengan meningkatnya ukuran dan kemudahan sistem transportasi dan komunikasi, aliran menyimpang ini telah memasuki Indonesia. Mereka bahkan memiliki “gereja” sendiri, kadang-kadang berukuran besar seperti gereja pada umumnya. Karena sekilas tampak seperti ajaran Kristen pada umumnya, kultus-kultus ini mudah untuk menemukan sidang baru sehingga penyebarannya bahkan lebih cepat. Apakah beberapa aliran sesat dalam agama Kristen? Di sini saya mencoba untuk meringkas 5 bidat, sebagai berikut:

1. Saksi Yehuwa

Saksi-Saksi Yehuwa didirikan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19, tepatnya pada tahun 1870, di bawah kepemimpinan Charles Taze Russell. Kantor pusatnya di New York. Pada 2007, SY memiliki 6,9 juta anggota aktif di 235 negara di dunia, termasuk 1 juta di Amerika Serikat dan 130 ribu di Inggris. Anggota menyebut diri mereka “saksi”, bukan jemaat. Tempat ibadah disebut “aula kerajaan”, bukan gereja. Paling terkenal dengan sistem pelaporan dari pintu ke pintu, mendistribusikan majalah rohani (Sedarlah! Dan Menara Pengawal). Proklamasi ini bertujuan untuk menarik anggota baru, “menempatkan jiwa ke dalam kebenaran”. Setiap anggota SY wajib melakukan pelaporan dan memiliki target masing-masing untuk merekrut anggota baru.

Mengakui bahwa mereka adalah orang Kristen, tetapi tidak mengakui Allah Tritunggal. Menurut mereka, Roh Kudus dan Yesus bukanlah pribadi yang sama. SY juga menuduh gereja-gereja Kristen tradisional lainnya (terutama Katolik dan Protestan) berpaling dari ajaran Alkitab, dan tidak sejalan dengan Tuhan. Anggota SY merasa diri mereka lebih tinggi daripada pengikut agama lain. Mereka menolak nilai-nilai sekuler dunia, termasuk politik (sering abstain), militer (tidak mau bergabung dengan dinas militer), tidak mau menghormati bendera, dll. Menerbitkan Alkitab mereka sendiri, menurut ” standar “yang mereka akui untuk diri mereka sendiri. Jangan merayakan Natal dan Paskah, karena menurut mereka perayaan diambil dari tradisi pagan. Mereka mengklaim bahwa Yesus tidak memberi tahu para pengikut-Nya untuk merayakan ulang tahun-Nya. Seringkali memprediksi datangnya malapetaka, tetapi tidak ada yang terbukti.

2. Mormon

Didirikan pada abad ke-19 oleh Joseph Smith (1805-1844) di Amerika Serikat, itu dikembangkan oleh Bringham Young yang bermigrasi dengan Mormon lain ke Salt Lake City pada tahun 1847. Anggotanya mencapai 13,5 juta orang di seluruh dunia (tahun 2008). Gerejanya disebut Gereja Orang Suci di Akhir Zaman atau Gereja Yesus Kristus. Mormon percaya gereja mereka adalah restorasi sebenarnya dari gereja yang didirikan oleh Yesus, dan gereja-gereja Kristen lainnya telah menyimpang. Menurut mereka, Tuhan memiliki bentuk daging (manusia), sudah menikah, dan dapat memiliki anak. Mereka juga percaya bahwa manusia dapat menjadi dewa lain setelah kematian.

Pengajaran Mormon berfokus pada nilai-nilai ajaran sesat dalam agama Kristen dalam kehidupan keluarga tradisional. Melarang aborsi, homoseksualitas, hubungan seksual di luar pernikahan, pornografi, perjudian, tembakau, konsumsi alkohol, teh, kopi, dan penggunaan obat-obatan terlarang. Ada pendapat bahwa gereja Mormon mendukung poligami. Ini benar, tetapi praktiknya telah dihentikan sejak satu abad yang lalu, dan gereja Mormon telah mengecualikan jemaat yang mempraktikkan poligami. Sering menerbitkan nubuat palsu tentang akhir zaman dan antikristus. Sama seperti ramalan palsu pada umumnya, tak satu pun dari ramalan ini pernah terjadi.

3. Christian Science

Disebut juga Eddysm. Didirikan oleh Mary Eddy pada tahun 1879 setelah Mary menemukan buku “Ilmu Penyembuhan Metafisik”. Aliran ini sebenarnya tidak memiliki akar Kristen sama sekali. Mary hanya menggabungkan aliran mistisisme timur (misalnya Hindu) dan panteisme (semua benda adalah dewa, baik yang konkret maupun abstrak) untuk menyembuhkan penyakit. Pikiran Mary terkandung dalam buku Science and Health. Memiliki buku suci sendiri, Sains dan Kesehatan, yang ditulis oleh Mary Eddy. Menurut Mary Eddy, dia tiba-tiba menerima wahyu untuk menulis buku.

Sains Kristen mengklaim sebagai gereja Kristen, menyanyikan lagu-lagu rohani, dan membaca Alkitab. Namun, mereka hanya membaca Alkitab sesuai dengan isi buku Science and Health. Jika mereka menemukan sesuatu dalam buku Science and Health tetapi itu bertentangan dengan Alkitab, maka mereka akan mengikuti isi buku Science and Health. Jangan percaya pada dosa. Dosa hanyalah ilusi. Jangan percaya adanya penyakit, penyakit juga hanya ilusi, yang diwujudkan sebagai berikut:

  • Percaya bahwa orang yang sakit harus diyakinkan bahwa dia tidak sakit, dia akan sehat kembali, karena penyakit hanyalah ilusi dan tidak benar-benar nyata.
    Tidak ada kematian, seseorang menjadi tua dan mati karena memang seharusnya begitu. Ini diambil dari fakta bahwa mereka percaya bahwa seluruh dunia adalah ilusi.
  • Tuhan mereka tidak sama dengan Tuhan dalam Alkitab. Segala sesuatu adalah tuhan dan tuhan itu baik. Karena itu, tidak ada dosa, penyakit atau kematian karena semuanya adalah tuhan dan tuhan itu baik. Dunia secara keseluruhan adalah palsu – ilusi.
  • Mengklaim bahwa ada obat dari Christian Science. Metode penyembuhan adalah menyangkal penyakit itu sendiri, misalnya “Saya tidak sakit. Saya tidak menderita kanker.” Ini bukan doa, tetapi hanya berbicara dengan suara keras kepada diri saya sendiri. Bahkan, Christian Science mengatakan doa itu untuk Tuhan Yang Esa adalah penghalang. Percaya bahwa wanita bisa hamil karena upaya tertinggi dari pikiran mereka, pria tidak diperlukan untuk melahirkan. Manusia tidak diciptakan dari debu dan tanah seperti dalam Kejadian 2, karena hal-hal tidak nyata – oleh karena itu hal-hal tidak nyata – oleh karena itu , Mary Eddy menyebut Kejadian 2 “bohong”. Para pengikutnya mempercayai kata-kata Mary lebih dari Alkitab.

Yesus bukan Tuhan. Yesus adalah konsep buatan manusia yang sempurna dari Manusia Sempurna, tetapi tidak perlu disembah. Percayalah bahwa Yesus tidak pernah dicobai oleh Setan. Mary berkata, “Yesus dicobai oleh kepercayaan salah dalam benaknya.” Yesus tidak mati, karena kematian tidak ada. Yesus hanya berpikir bahwa Ia sudah mati. Darah Yesus tidak memiliki nilai, dan karena dosa adalah ilusi, manusia tidak pernah membuat kesalahan. Percayalah bahwa Keselamatan adalah pembebasan dari khayalan dan akses ke Sains Kristen.

4. Children of God

Didirikan pada tahun 1969 oleh David “Moses” Berg di California Selatan, Amerika Serikat. Juga disebut “Keluarga Cinta”. Percayalah bahwa seseorang dapat diselamatkan dan pergi ke surga jika dia bertobat dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Tetapi tidak seperti Kristen pada umumnya, Children of God (COG) percaya bahwa setiap orang akan diselamatkan dan hidup di surga. Lawanlah ajaran Keselamatan yang ditemukan dalam Alkitab. Mereka tidak percaya bahwa orang yang belum selamat akan disiksa selamanya di lautan api setelah kematian. Menurut mereka, mereka “kembali ke akar sejati gereja Kristen”. Gereja-gereja Kristen lainnya telah menyimpang. Mengutuk “Sistem Komunitas”, termasuk pemerintah, militer, BUMN, dan semua lapisan masyarakat. Mereka menganggap Sistem Sosial sebagai kejahatan, dan sejumlah asumsi lain sebagai berikut:

  • Mendasarkan kepercayaannya pada interpretasi Alkitab itu sendiri. Sumber kedua adalah tulisan pendiri mereka, David Berg.
  • Undanglah semua anggota untuk meninggalkan keluarga mereka sepenuhnya dan berkeliaran bersama David Berg, sama seperti para rasul yang mengikuti Yesus.
  • Berkenaan dengan kesenangan seksual, dari masturbasi hingga senggama sebagai hadiah dari Tuhan. Seks adalah kegiatan yang harus dinikmati secara keseluruhan sebagai tujuan hidup utama seseorang.
  • Baik anggota pria maupun wanita didukung untuk bermasturbasi sambil membayangkan aktivitas seksual dengan Yesus. Mereka menganggap seks bebas tanpa paksaan sebagai hadiah dari Tuhan.
  • Mendukung hedonisme dan homoseksualitas (hanya lesbianisme).
    Mendukung anggota untuk terlibat dalam aktivitas seksual untuk menarik anggota baru. Anggota diperbolehkan untuk menggoda lawan jenis atau jenis kelamin yang sama di bar atau pub.
  • Percayalah bahwa Yesus berhubungan seks dengan Marta dan Maria. Percayalah bahwa malaikat Gabriel berhubungan seks dengan Maria saat menyampaikan Kabar Baik. Percayalah bahwa Roh Kudus adalah wanita, dan menyebut Roh Kudus sebagai “Ratu Impian” atau “Ratu Suci Cinta”. Mendukung dan mempraktikkan poligami. David Berg sendiri memiliki setidaknya 2 istri. Percayalah bahwa seseorang dapat memiliki pengaruh buruk dari roh orang mati. Melepaskan kadang-kadang dilakukan untuk mengusir roh-roh jahat. Mereka juga berkomunikasi dengan roh orang mati. David Berg, kepala eksekutif, sering bernubuat secara salah, misalnya tentang ombak besar yang melanda Pantai Huttington pada tahun 1969 (sejenis tsunami). Tak satu pun dari nubuat ini terjadi. Dia bahkan mengaku sebagai nabi terakhir.

Itu adalah 4 jenis bidat dalam agama Kristen. Keempat mazhab tersebut memiliki kesamaan, yaitu, menganggap gereja-gereja Kristen lainnya menyimpang (meskipun merekalah yang menyimpang) dan sering bernubuat palsu.

Bagi generasi muda Kristen, diharapkan untuk benar-benar dibina dalam iman mereka. Itu juga harus diberikan pendalaman Alkitab Katolik, agar tidak jatuh ke sekolah sesat ini. Seringkali orang muda yang tidak teguh dalam iman mereka tertarik ke sekolah-sekolah ini, mengingat bahwa ada sekolah yang menawarkan “kenyamanan” untuk masuk surga, bahkan mempromosikan seks bebas untuk menarik anggota baru.

Jangan lupa kunjungi kami untuk informasi judi dengan klik disini.